MELAYANI MASYARAKAT BERSAMA RRI, MINGGU KE-167


PRAMUKA DAN PENDIDIKAN KERUMAHTANGGAAN
Fx. Wahyu Widiantoro
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta
Pendidikan sebagai sarana dalam mencerdaskan generasi muda dan menyiapkan sumber daya manusia agar lebih berkembang guna menghadapi persaingan bebas antar negara. Tujuan dari pendidikan yaitu untuk meningkatkan kecerdasan, keterampilan, mempertinggi budi pekerti, memperkuat kepribadian, dan mempertebal semangat kebangsaan agar dapat menumbuhkan individu-individu yang dapat membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggungjawab atas pembangunan bangsa.

Pentingnya pendidikan juga untuk menghadapi ketatnya persaingan di dunia kerja yang menuntut setiap individu memiliki serangkaian kemampuan dan kompetensi baru yang lebih luas. Banyak individu yang tidak mampu memenuhi tuntutan yang dikehendaki oleh dunia kerja. Beberapa di antara tuntutan tersebut adalah individu harus menguasai keterampilan-keterampilan dasar kepemimpinan, menguasai keterampilan berfikir seperti memecahkan masalah, mengambil keputusan, berfikir analitis, berfikir kreatif: menguasai keterampilan interpersonal seperti kemampuan bekerja di dalam tim.
Foster, dkk (2008), menjelaskan bahwa kemampuan interpersonal yang dimiliki seseorang dapat diidentifikasi sehingga membuat pelatihan dan pengembangan kepemimpinan yang sukses sangat diperlukan. Pendidikan kepemimpinan yang mengajarkan pendidikan kerumahtanggaan yang terkenal di Indonesia yaitu Pramuka atau Praja Muda Karana. Pramuka di Indonesia menjadi populer dikarenakan perannya sebagai pendidikan luar sekolah. Pemuda dapat mengembangkan karakter yang baik, dapat dipercaya, disiplin, cerdas, terampil, ringan tangan, sehat jasmani, dan peduli terhadap kebaikan (komunitas Baden Powell, 2004; Rosenthal, 1984; Pramuka, 1969 dalam Semedi, 2011).
Kegiatan Pramuka dalam upaya melaksanakan pendidikan kepemimpinan yaitu dengan mengajarkan melalui tugas dan peran sederhana di lingkup kecil dalam kelompok yang terus meningkat seiring dengan peningkatan kelompok. Demikian pendidikan kerumahtanggaan yang berisi kemampuan konseptual, apresiasif, dan kreatif, mengolah dan mengembangkan kecakapan dan keterampilan dalam hal kerapian, keindahan, mengerjakan sesuatu hingga tuntas, kedisiplinan dan kemandirian. Nilai tanggungjawab sebagai anggota keluarga ditekankan sehingga individu mau serta mampu melakukan pekerjaan kerumahtanggaan. Pramuka merupakan pendidikan karakter diharapkan mampu menciptakan generasi yang mempunyai karakteristik individu yang memiliki ketrampilan dasar, ketrampilan berfikir dan ketrampilan interpersonal yang menjadi penentu keunggulan dan prasarat bagi kesuksesan hidup individu.
Tulisan tentang Gerakan Pramuka ini merupakan tema siaran di RRI, sebagai implementasi kerjasama antara RRI Yogyakarta dengan Fakultas Psikologi UP45. Siaran kali ini sudah masuk pada minggu ke-167, dan siaran ini berlangsung pada 12 Oktober 2016. Pihak-pihak yang terlibat dalam siaran ini adalah dua mahasiswa Psikologi Yang cemerlang yaitu Wahyu Relisa Ningrum dan Subur Triyono. Mereka didampingi oleh dosen Wahyu Widiantoro. Sbeleum siaran, dua mahasiswa tersebut sudah memndapatkan pengarahan terlebih dahulu dari dosen Wahyu Widiantoro. Hal ini penting, agar mahasiswa lebih siap memberikan informasi pada masyarakat Yogyakarta. Ini adalah bentuk pertanggungan jawab dosen Wahyu Widiantoro terhadap kualitas mahasiswa yang diajak berpartisipasi di dunia luar UP45. Semoga ekrjasama yang baik ini terus belangsung.
Referensi:
Foster, M. K., & Angus, B. B., & Rahinel, R. (2008). “All in the hall” or “Sage on the stage”: Learning in Leadership Development Programmes. Leadership & Organization Development Journal, 29 (6), 504-521.
Semedi, P. (2011). Padvinders, Pandu, Pramuka: Youth and State in the 20th Century Indonesia. Africa Development, 36 (3 & 4), 19-38.
Suggested citation:
Widiantoro, Fx. Wahyu. (2016). Pramuka dan Pendidikan Kerumahtanggaan. RRI Yogyakarta. 21 September 2016.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *