KERJASAMA FAKULTAS PSIKOLOGI UP45 & TK KAMULAN MINGGU KE-7

RUMAHKU ADALAH ISTANAKU

Wahyu Widiantoro

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

Rumah merupakan lingkungan yang terdekat bagi anak-anak sekaligus sumber belajar yaitu sebagai kesatuan ruang dengan semua benda dan keadaan manusia dan perilakunya serta makhluk hidup lainnya. Rumah sebagai sumber belajar memungkinkan anak usia dini untuk belajar tentang informasi, orang, bahan dan alat. Situasi maupun kondisi di dalam rumah sangat berpengaruh terhadap perkembangan fisik, keterampilan sosial, dan budaya, perkembangan emosional serta intelektual anak usia dini. Kegiatan pendampingan psikologi hasil kerjasama TK Kamulan dengan Fakultas Psikologi UP45 mengangkat tema Rumah yang telah terlaksana pada hari Selasa, 17 Mei 2016.

Pendampingan psikologi yang dilakukan dirancang agar anak merasa tidak terbebani dalam pembelajaran sesuai dengan tugas perkembangnya. Masa TK merupakan masa kanak-kanak awal. Pola perilaku sosial yang terlihat pada masa kanak-kanak awal, seperti yang diungkap oleh Hurlock (1996) yaitu: kerjasama, persaingan, kemurahan hati, hasrat akan penerimaan sosial, simpati, empati, ketergantungan, sikap ramah, sikap tidak mementingkan diri sendiri, meniru dan perilaku kelekatan. Aspek Perkembangan Sosio-emosional dalam masing-masing anak diharapkan dapat dituangkan dalam sebuah gambar rumah.

Kegiatan yang melibatkan para guru pendamping serta mahasiswa Fakultas Psikologi UP45 berupa mengajak anak-anak untuk menggambar sebuah bentuk rumah. Pola sederhana rumah yang diberikan berupa gambar segi tiga serta kotak persegi di bawahnya. Bahan yang digunakan terdiri dari kertas HVS berwarna, kertas gambar dan alat pewarna. Kertas dengan pola rumah selanjunya ditempel di kertas gambar anak. Anak diminta mengisi tempelan rumah tersebut dengan coret-coret pastel atau alat pewarna yang ada. Setelah anak puas mengekspresikan hasil karyanya selanjutnya setiap anak diajak menceritakan hasil gambarnya.

Anak-anak dengan bangga menceritakan hasil gambarnya. Hal terpenting bagi para pendamping dalam kegiatan ini yaitu mengajak anak untuk tidak hanya menceritakan tentang bentuk rumah namun anak-anak juga diajak agar mampu  menyebut dan menceritakan tentang ayah, ibu, kakak, adik hingga hewan peliharaan dan tanaman yang berada di rumah mereka masing-masing. Melalui kegiatan ini mahasiswa Psikologi diharapkan lebih memahami bahwa pembelajaran anak usia dini merupakan proses interaksi antara anak, orang tua, atau orang dewasa lainnya dalam suatu lingkungan. Pendampingan yang diberikan pada dasarnya agar anak dapat berkembang secara wajar.

Daftar Pustaka       

Hurlock, E. B. (1996). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. (Edisi ke-5). (Terjemahan Istiwidiyanti & Soedjarwo). Jakarta: Erlangga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *